Ormas Islam Pekanbaru Tolak Kebaktian Kristen di Lapangan Umum Terbuka

Majelis Ulama Indonesia Kota Pekanbaru meminta Walikota, H. Firdaus, MT agar membatalkan acara kebaktian umat Kristiani yang rencananya akan diadakan pada Jumat pukul 18.30 WIB (6/2/2015) di lapangan terbuka Awal Cross di jalan Sudirman.

“Kita menghimbau Walikota Pekanbaru supaya misa umat Kristiani itu dialihkan ke rumah ibadah mereka, tidak di lapangan terbuka.” Ujar Sekretaris MUI Kota Pekanbaru Hasyim kepada Hidayatullah.com Kamis (5/2/2015).

Beliau menambahkan, hal ini berdasarkan laporan dari berbagai elemen masyarakat, tokoh masyarakat dan ormas Islam se-Pekanbaru.

“Tadi semua ormas Islam datang ke MUI Kota Pekanbaru. Berdasarkan kegelisahan dari masyarakat, tokoh masyarakat dan ormas Islam. Rencana misa ini mendapatkan tanggapan serius dari masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu pada waktu yang hampir bersamaan, FPI Riau memanggil panitia misa dan menyampaikan keresahan masyarakat akan rencana acara tersebut.

“Harapan kita itu adalah mereka menyikapi apa yang sudah diputuskan oleh pertemuan di MUI Kota Pekanbaru sebelumnya,” ujar R. Ade Hasibuan, Ketua Tanfidzi DPD FPI Provinsi Riau saat dikonfirmasi melalui telepon.

“Ini kan negeri yang memiliki nilai keislaman tinggi. Harus di perhatikan juga kearifan lokal. Ada adat, ada elemen umat Islam. Status Awal Cross itu dari informasi yang saya dapatkan dari teman-teman lapangan tidak bisa lagi digunakan untuk acara yang mendatangkan orang banyak. Kalau tdk kita sampaikan ini, yang kita khawatirkan ada gesekan,” tambahnya.

Berdasarkan pengumuman yang beredar di internet, acara kebaktian tersebut merupakan bagian dari acara Kebaktian Pembaruan Iman Nasional Riau 2015. Acara yang mendatangkan pendeta Dr. Stephen Tong tersebut digelar di berbagai tempat di Riau. Hari pertama Senin 2 Februari digelar di lapangan upacara kantor walikota lama di Dumai, hari selanjutnya berturut-turut di lapangan aula Perguruan Wahidin Bagan Siapi-api, lapangan Terminal Lancang Kuning Bagan Batu, lapangan parkir eks Chevron di Duri dan terakhir hari Jumat (6/2/2015) di Lapangan Awal Cross Pekanbaru.  Penyelenggaranya adalah Stephen Tong Evangelistic Ministries International.*/M.Hidayat (Riau) 


Sumber : hidayatullah.com