"KONSEP KEADILAN" PERBANDINGAN KRISTEN DAN ISLAM


KEADILAN DALAM KONSEP KRISTEN.
Keadilan adalah sesuatu yang dituntut oleh semua manusia, baik manusia tersebut beragama atau tidak. Jika kita buka Injil Matius pasal 5 ayat 39 kita dapatkan : "tetapi Aku ini berkata kepadamu : janganlah melawan orang yang jahat, melainkan barangsiapa menampar pipi kananmu, berilah kepadanya pipi yang sebelah lagi"

Masih dalam Injil Matius pasal 5 tetapi pada ayat 40 kita temukan "Dan jikalau seorang hendak mendakwa engkau, lalu mengambil bajumu, biarlah ia mengambil jubahmu juga"

Dari kedua ayat ini dapat kita ketahui bahwa ajaran Kristen merupakan sebuah gerakan moral yang mengajak kepada kebaikan dan lebih menekankan pada pengorbanan. Ajaran ini tampaknya indah., akan tetapi menjadi sangat sulit untuk diterapkan dalam dunia nyata.hukum di kalangan penganut agama Kristen.

Dengan demikian kita tidak dapat mengandalkan ajaran Kristen untuk menata kehidupan yang heterogen dan terjadi pertentangan berbagai kepentingan. ada efek beruntun lain yang disebabkan lemahnya institusi hukum di kalangan penganut agama Kristen, yaitu hilangnya kepercayaan publik terhadap institusi keagamaan sehingga melahirkan sekularisme (pemisahan agama dari kehidupan)

KEADILAN DALAM KONSEP ISLAM
Islam sangat mengedepankan keadilan baik sesama penganut agama Islam maupun penegakaan keadilan antara penganut Islam dengan penganut agama lain.

Dalam Al Qur'an surat An Nisaa' ayat 135 kita temukan "wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar menegakkan keadilan, menjadi saksi karena Allah, biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya atupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu kamu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan".

Dengan ayat ini sangatlah jelas dan gamblang bahwa Islam adalah agama yang sangat mengedepankan keadilan. tidak ada nepotisme dan diskriminasi dalam hukum. dalam strata sosial dan kekerabatan apapun keadilan tetap harus ditegakkan. Bahkan Rasulullah SAW pernah bersabda "jika Fatimah binti Muhammad mencuri, aku potong tangannya".

Dengan ayat ini menjadi tidaklah aneh jika penganut agama Islam sangat menjaga tegaknya institusi hukum dan melengkapi dengan perangkat aturan hukum yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. diantara produk hukum yang penting adalah kitab fikih dan cabang ilmu hukum yang disebut "Ushul Fikih" serta ilmu logika yang disebut "Mantiq".

Desember 2014

oleh Darto Spd