Ponpes Al Hadid Karangmojo Gunungkidul

Karakter sebuah pondok pesantren  tidak terlepas dari kyainya. Sosok Kyai pimpinan pondok pesantren biasanya sebagai seorang alim dengan kemampuan ilmu dien yang mumpuni.

Inilah yang membedakan dengan pondok pesantren pada umumnya. Ponpes Al Hadid hadir berkah dari dakwah seorang muallaf yang telah mendapatkan hidayah. Dengan segenap kemampuan mendarmabaktikan untuk membina umat di wilayah Kabupaten Gunungkidul.



Pada era tahun 90an atau sebelumnya, Gunungkidul terpetakan sebagai daerah yang kering miskin dan cukup terbelakang. Dengan beberapa kekurangan yang ada daerah ini menjadi jujugan beberapa missionaris untuk menebarkan misinya.

Di beberapa tempat di kecamatan Panggang dan beberapa tempat di sisi selatan kab Gunungkidul menjadi lahan garap tokoh ahli kristologi Islam Bp Jalal Muhsin kala itu. Dengan berbagai kaum muda Islam bahu membahu berdakwah menyelamatkan akidah umat disekitar tempat tersebut.

Era telah berganti, generasi muda Islam yang aktif berdakwah di Kabupaten Gunungkidulpun tergantikan oleh sosok sosok muda yang penuh semangat. Salah satu diantaranya adalah Ust Ismail Al Hadid. Dari seorang muallaf berganti menjadi seorang ustad fie sabilillah.


Hasil buah karya dakwah beliau adalah ponpes Alhadid yang terletak di Kecamatan Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta.

Karena berlatar belakang seorang nasrani, bisa dipastikan beliau mempunyai pengetahuan tentang ilmu perbandingan agama yang mumpuni.

Pondok Pesanten ini lebih tepatnya terletak di dusun Karangmojo I RT 01/07 desa Karangmojo kecamatan Karangmojo Gunungkidul. Merupakan salah satu pondok pesantren di Gunungkidul yang menfokuskan diri pada pembinaan anak-anak yatim piatu. Berdiri dan diresmikan pada tanggal 1 Juli 2007 dengan luas lahan sekitar 2 hektar.


Ponpes Alhadid sekarang menampung dan membina seratusan anak anak dari seluruh Indonesia. Mereka menempuh pendidikan dan ketrampilan di sini.

Masjid Arrohman berada di bagian utama pondok sebagai pusat kegiatan dan pembinaan. Selainnya terdapat ruang asrama untuk santri dan pos satpam.

Berkat dukungan dari kaum muslimin dan warga sekitar ponpes ini berjalan. Selain memberikan pembinaan para santri yang mukimdi asrama pihak Pondok Pesantren Al-Hadid juga membantu gerakan dakwah di Gunungkidul terutama daerah-daerah yang kurang tersentuh oleh dakwah Islam.

Demikian sekilas Pondok Pesantren Al-Hadid Karangmojo Gunungkidul semoga selalu diberi kekuatan olah Allah SWT dalam menangai dan mengentaskan anak-anak Yatim Piatu di Gunungkidul pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Foto foto dari :  azzamudin.wordpress.com