Dusun Jati Riwayatmu Kini

Ketika memasuki dusun ini, di kiri kanan jalan terlihat kuburan yang aneh. Tanda salib sudah mulai terasa. Sebuah dusun yang di kelilingi bukit bukit kecil yang indah di wilayah Desa Candirejo kecamatan Semanu Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

 Penduduk berjumlah 87KK dengan perbandingan 33KK muslim dan sisanya yang mayoritas 54KK non muslim. Walaupun dusun ini kecil namun tak tanggung tanggung telah berdiri 3 buah gereja.

Sungguh ironis, dusun ini sebelum tahun 80an adalah 100% berpenduduk muslim. Hanya dalam jangka waktu limabelas tahun perkembangan penduduk sedemikian mengkhawatirkan.

Ketika tanggal 23 Juli 2010 Kami berkesempatan sholat jumat di masjid setempat hanya dengan jamaah 11orang. Satu shof saja tidak bisa penuh.

Namun, kegiatan keislaman masih berjalan di dusun ini: Tiap malam jumat dan malam ahad diadakan pengajian umum serta arisan. TPA tiap sabtu sore diikuti kurang lebih 10 orang anak diasuh oleh mahasiswa tetangga dusun.

“Kami berharap, Islam tetap hidup di dusun ini, meski sebagian masyarakat masih awam tentang keislaman,” Demikian harapan Pak Wasino (52th) seorang Tokoh muslim setempat.