Allah Yang Maha Penjawab Doa





إِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُواْ لِي وَلْيُؤْمِنُواْ بِي
لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
“dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Dahulu kala sebelum diciptakannya Adam alaihissalam Allah telah menciptakan terlebih dahulu bumi dan langit. Begitu pula telah ada malaikat yang senantiasa beribadah kepada Allah selalu taat dan patuh, karena memang malaikat tidak dikaruniai hawa nafsu. Allah juga menciptakan Jin dan syetan sebelum adam. Merekalah yang menghuni bumi ini sebelumnya. Dan mereka juga diperintahkan untuk beribadah kepada Allah namun ada yang patuh ada pula yang ingkar, sama seperti manusia saat ini.

Hingga akhirnya Allah menciptakan Adam alaihissalam dari segumpal tanah liat. Dan Allah membiarkanya seperti itu terlebih dahulu hingga Iblis akhirnya mengetahui penciptaan Adam dan ia memandangnya mengamati makhluk ciptaan Allah yang terbuat dari segumpal tanah liat itu.

Tetapi semakin lama ia mengamati ciptaan Allah ini, iblis pun merasa takut. Tapi rasa takutnya dan untuk menutupi rasa takutnya ia meyakinkan dirinya dan berusaha menghalau rasa takut itu. Sehingga ia pun semakin sombong dan merendahkan ciptaan Allah ini.

Allah berkata kepada malaikatnya, “Aku akan menciptakan manusia dan menjadikannya penguasa di bumi”

Malaikat yang mengetahui penciptaan Adam pun menjawab, “Ya Allah, apakah tidak cukup kami sebagai hambaMu yang selalu taat kepadMu? Apakah Engkau akan menjadikannya merusak dunia lagi sebagaimana Iblis disana?”

Allah pun hanya Menjawab, “Aku lebih tau daripada kalian”

Setelah Allah meniupkan ruh, maka terciptalah manusia untuk pertama kalinya. Kemudian Allah memerintahkan mereka para malaikat untuk bersujud kapada Adam. Akan tetapi dari golongan iblis, tidak mau taat dengan perintah Allah ini. Allah pun bertanya, “kenapa kamu tidak mau bersujud kepadanya?”

Iblis menjawab dengan penuh kesombongan, “aku lebih baik darinya. Karena Engkau menciptakan aku dari api, dan dia dari tanah liat. Api lebih baik dari pada tanah liat”

Allah pun murka kepadanya, “terkutuklah kamu wahai iblis.”

Iblis tidak tinggal diam dengan ini, ia pun masih memohon kepada Allah, “ya Allah berikanlah penangguhan kepada kami hingga hari kiamat” Allah menjawab doa iblis, “ya aku tangguhkan permintaanmu”

Setelah menerima penangguhan itu, iblis pun bersumpah akan menjerumuskan manusia kedalam neraka pula. Karena ia tidak mau sendiri berada disana, ia berkat penangguhan itu akan senantiasa menggoda manusia hingga hari kiamat. Hanyalah orang-orang yang ikhlas yang tidak mampu digoda oleh iblis.

Hikmah
  •  Allah akan selalu memnjawab doa dari makhluknya. Bahakan iblis sekalipun meski ia bermaksiat kepada Allah namun ia masih berani meminta kepadaNya dan Allah pun mejawab permintaan iblis.
  • Jangan pernah ragu untuk berdoa, apalagi untuk bertaubat dari kesalahan-kesalahan kita.
  • Sebagai mana janji iblis ia akan menjerumuskan manusia kedalam kesesatan, kecuali hanya orang yang Ikhlas dalam beribadah.