Kesuksesan Yang Hakiki

Terlihat segerombolan manusia tampak begitu bahagia ,senyum , tawa ,gurauan semua bercampur aduk menjadi satu .tak heran karena mereka adalah para mahasiswa yang sudah menyelesaikan jenjang pendidikan S1 nya .salah seorang dari mereka dengan semangatnya dia berteriak “SUKSES!!"

Di tempat yang lain terlihat baju – baju yang berwarna – warni menghiasi jalanan kota saat itu ,baju yang awalnya putih menjadi merah biru dan warna warna yang lain ,ya,itu adalah sebuah ungkapan kepuasan sebagian siswa – siswi SMA yang telah merampungkan jenjang pendidikan di tingkat menengah atas.sebuah ungkapan yang tercipta dari kesuksesan yang telah mereka raih . 

Banyak juga di sekitar kita training - training supaya menjadi orang yang sukses , toh sebenarnya kesuksesan yang dimaksud disitu adalah kesuksesan berupa materi . 

Sering juga kita mendengar ungkapan dari masyarakat, bahwa si bapak ini adalah orang tersukses di desanya ,ya karena dia memang saudagar kaya di sana . 

Itulah sebuah opini yang terbentuk di masyarakat kita dewasa ini ,sebuah pandangan yang memaknai kesuksesan yaitu dengan banyaknya materi yang dimiliki dan jabatan yang dipunyai . Apa itu sukses? Sukses menurut kamus bahasa Indonesia adalah berhasil dan beruntung .

 Menurut definisi di atas bahwa yang disebut orang sukses itu adalah orang yang berhasil dan beruntung. Kesuksesan yang hakiki Keberhasilan dan keberuntungan yang sebenarnya adalah tatkala seorang manusia bisa mendapatkan suatu kenikmatan yang sifatnya kekal nan abadi ,bukan hanya kenikmatan yang sifatnya semu dan fana (sementara ). 

 Berbicara tentang kesuksesan yang hakiki dalam Al – qur’an Allah subhanahu wa ta’ala telah memberitahukan kepada hambaNya apakah hakekat kesuksesan yang hakiki tersebut .

 Allah subhanahu wa ta’ala berfirman: كل نفس ذائقة الموت وإنما توفون أجوركم يوم القيامة فمن زحزح عن النار وأدخل الجنة فقد فاز وما الحياة الدنيا إلا متاع الغرور 

Artinya :”setiap yang bernyawa akan merasakan mati .dan hanya pada hari kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu .barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga ,dia sungguh telah mendapatkan kemenangan ,kehidupan dunia adalah kesenangan yang memperdaya.” (QS.Ali Imran : 185)

 Ayat diatas menjelaskan kepada kita bahwa setiap yang bernyawa pastilah akan merasakan kematian ,kemudian sampailah manusia pada marhalah dimana amalan – amalan selama didunia akan dihisab dan di adili. فمن زحزح عن النار وأدخل الجنة فقد فاز “Barang siapa yang terhindar dan selamat dari api neraka dan di masukkan kedalam syurga maka ia telah mendapatkan kemenangan dan kesuksesan yang sebenarnya”

Dalam penutup ayat ini disebutkan nilai dunia yang sifatnya hanya sementara lagi memperdaya. ”kehidupan dunia adalah kesenangan yang memperdaya” Yaitu ,Perendahan ,celaan terhadap dunia yang sifatnya tidak kekal ,sedikit,dan akan hilang. Inilah hakekat kesuksesan yang hakiki ,kenikmatan yang kekal nan abadi ,dan pasti setiap individu akan sentiasa merindui .dan pastilah ,untuk menuju kepadanya kita harus mengetahui jalan yang harus di titi. Wallohu a’lam (Shoutussalam) eramuslim.com